TUGAS 6 Ekonomi Koperasi: Keunggulan Koperasi dibandingkan Perusahaan Terbatas (PT)

Keunggulan Koperasi dibandingkan Perusahaan Terbatas (PT)

Menurut Ropke (2000), koperasi adalah suatu organisasi bisnis yang pemilik atau anggotanya adalah pelanggan utama perusaan tersebut. Kriteria identitas suatu koperasi akan merupakan dalil atau prinsip identitas yang membedakan unit usaha koperasi dari unit usaha lainnya. Koperasi adalah milik bersama para anggota, pengurus maupun pengelola. Usaha tersebut diatur sesuai dengan keinginan para anggota melalui musyawarah rapat anggota. Koperasi sebagai badan usaha dapat melakukan kegiatan usaha sendiri dan dapat juga bekerja sama dengan badan usaha lain, seperti perusahaan swasta maupun perusahaan negara.

Menurut undang-undang Nomor 25 tahun 1992 pasal 3 koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota terlebih khusus dan masyarakat secara umum serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Kelebihan dan kelemahan koperasi di Indonesia

Kelebihan koperasi di Indonesia :

  1. Bersifat terbuka dan sukarela.
  2. Besar simpanan pokok dan simpanan wajib tidak memberatkan anggota.
  3. Setiap anggota memiliki hak suara sama, bukan berdasarkan besar atau kecilnya modal.
  4. Bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan bukan semata-mata mencari keuntungan.

Kelemahan koperasi di Indonesia :

  1. Koperasi sulit berkembang karena modal terbatas.
  2. Kurang telaten pengurus dalam mengelola koperasi.
  3. Pengurus terkadang tidak jujur.
  4. Kurang adanya kerjasama antara pengurus, pengawas, dan anggota koperasi.

Perusahaan Terbatas (PT)

Perusahaan Terbatas (PT) adalah badan usaha bermodalkan dari hasil penjualan saham. Setiap pemegang surat saham mempunyai hak atas perusahaan dan berhak atas keuntungan (deviden). Adapun kelebihan dan kekurangan Perusahaan Terbatas (PT), yaitu :

Kelebihan Perusahaan Terbatas (PT)

  1. Tanggung jawab terbatas dari para pemegang saham terhadap hutang-hutang perusahaan.
  2. Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin, sebab tidak tergantung pada beberapa pemilik.
  3. Mudah untuk memindahkan hak milik dengan menjual saham kepada orang lain.
  4. Mudah memperoleh tambahan modal untuk memperluas volume usaha, seperti mengeluarkan saham baru.
  5. Manajemen dan spesialisasi memungkinkan pengelolaan sumber-sumber modal secara efisien.

Kelemahan Perusahaan Terbatas (PT)

  1. Perusahaan Terbatas (PT) memiliki subyek pajak tersendiri.
  2. Jika akan mendirikan Perusahaan Terbatas (PT) jauh lebih sulit dari bentuk kepemilikan usaha lainnya. Dalam prosesnya Perusahaan Terbatas (PT) memerlukan akte notaris dan ijin khusus untuk usaha tertentu.
  3. Biaya pembentukan relatif tinggi.
  4. Bagi sebagian besar orang Perusahaan Terbatas (PT) dianggap kurang rahasia dalam laporan perusahaan karena segala aktivitas perusahaan harus dilaporkan kepada pemegang saham.

Hal paling membedakan adalah laporan keuangan badan usaha koperasi dengan badan usaha lain, antara lain dapat terlihat dari ada laporan promosi ekonomi anggota dalam koperasi sedang pada usaha lain, laporan keuangan tersebut tidak ada. Laporan promosi ekonomi anggota merupakan laporan keuangan yang menggambarkan manfaat-manfaat diterima oleh anggota dari badan usaha koperasi bersangkutan. Hal tersebut timbul karena anggota koperasi mempunyai identitas ganda yaitu anggota sebagai pemilik juga sekaligus sebagai pengguna jasa dari koperasi bersangkutan. Koperasi akan lebih mengutamakan pelayanan terhadap anggota dibandingkan dengan pelayanan terhadap non anggota. Dalam koperasi, pencatatan transaksi berasal dari anggota dan pencatatan transaksi berasal dari non anggota harus dipisahkan. Dengan demikian praktek akuntansi dan penyajian laporan keuangan diselenggarakan oleh suatu badan usaha koperasi akan berbeda dengan praktek akuntansi badan usaha lain.

 

Daftar Pustaka :

Ropke, Jochen. 2000, Ekonomi Koperasi: Teori dan Manajemen. Jakarta : Salemba Empat.

Leave a comment